Jeritan tak terduga

 

Pagi ini, setelah menulis, saya memutuskan untuk mengunjungi museum. Aku pergi keluar hanya dengan t-shirt dan cardigan ringan, suhu 5 ° C. Penduduk setempat, tentu saja, mengenakan mantel!
Museum lebih dekat dan lebih menarik adalah Gallerietmuseet tersebut. Saya berharap saya akan beruntung seperti tahun lalu di Museum Nordiska, di Stockholm, ketika saya mengatakan wanita yang saya adalah seorang wartawan dan diminta untuk memasukkan secara gratis. Dia membiarkan dan bahkan memberi saya buklet informasi dalam bahasa Inggris, semuanya gratis. Buku itu sendiri dijual seharga 250 crown Swedia (sekitar 25 Euro). Hari ini, itu akan cukup bahwa saya mendapatkan gratis lewat karena tas saya sudah berat. Di pintu masuk museum, saya meminta petugas jika wartawan dapat masuk secara gratis. Dia ramah bertanya apakah aku punya kartu pers. Aku menunjukkan padanya kartu nama saya yang ia memandang tanpa banyak perhatian, dan memberi saya stiker biru: I WAS IN!
Saya memutuskan untuk meninggalkan tas saya di ruang ganti di mana ada sejumlah membayar loker. Aku butuh waktu setengah jam untuk mencari tahu-IDIOT-itu! Loker mengambil euro (sepuluh atau satu koin euro) dan bukan mahkota Norwegia. Otak saya benar-benar blanked di depan simbol euro. Aku terus mencoba untuk dimasukkan ke dalam mahkota. Aku bahkan marah, mengeluh bahwa itu tidak bekerja. Akhirnya saya dimasukkan ke dalam euro, berputar dial, dan itu ditutup.
Untuk pertahanan, saya ingin menunjukkan bahwa saya bukan satu-satunya yang memiliki masalah dengan loker. Dua gadis Italia memiliki masalah yang sama. Ketika saya mengungkapkan rahasia, di Italia, mereka menatapku seolah-olah saya adalah Weeping Perawan Maria sendiri.
Karena saya masuk ke bagian pameran ‘museum, saya menunjukkan stiker biru ke penjaga keamanan di pintu. Dia mengambilnya dari tanganku dan menampar pada kardigan saya menekan di semua sisi untuk memastikan itu tetap, seperti ibu lakukan ketika mereka menyeka mulut anak-anak mereka setelah mereka makan cokelat. Saya merasa ganda idiot!
Museum ini tidak besar, hanya satu lantai. Namun, pembacaan cepat brosur pengantar disebutkan lukisan menarik beberapa. Aku menatap peta untuk merencanakan kunjungan saya.
Saya terkejut oleh karya-karya di museum: kamar pertama yang dikhususkan untuk seniman Skandinavia. Saya menemukan pelukis romantis pertama, Christian Dahl, yang menggambarkan pemandangan pegunungan Norwegia. Kemudian saya kagum dengan Lucas Cranach. Hanya ada lukisan agama di ruangan itu, lukisan yang terakhir, sebelum meninggalkan aula adalah “The Golden Age” menghadirkan pasangan berhubungan seks di sebuah taman hipotetis Eden. Hal yang membuatku heran adalah pesta avanguard dalam ruang yang begitu konservatif dan religius. Hal lain yang mengejutkan saya di kamar sebelah di mana lukisan Italia yang ditampilkan adalah untuk melihat karya-karya Orazio Odaleschi dan Artemisia DAUGHTER nya! Lukisan-lukisan tanggal dari periode neoklasik dan saya senang bahwa seorang wanita pada saat itu bisa melukis. Jujur, di semua museum yang saya kunjungi, saya belum pernah melihat karya-karya seniman perempuan, setidaknya tidak apa-apa lebih awal dari abad kedua puluh! Menarik untuk menemukan bahwa artis adalah Italia!
Pekerjaan yang paling menarik perhatian saya tentu Titian “Danae”. Saya harus mengecewakan De la Croix ketika saya berpikir bahwa dengan 4 nya 10 × 15 potret mikroskopis tampaknya cukup signifikan dibandingkan dengan ukuran dari lukisan berjudul “Perancis yang memimpin orang-orang” di Louvre.
Melanjutkan dengan seniman lokal, saya tetap terpesona oleh pelukis yang mengikuti gerakan artistik Dahl, sebagai Balke dan Thomas Fearnley, tapi satu hal yang membuat saya terkesiap adalah untuk menemukan bahwa museum ini memiliki “SKRIK” yang terkenal, “The Scream” , oleh Edvard Munch. Saya yakin, pertama-tama, bahwa artis itu Belanda dan Norwegia tidak, dan karena itu berpikir bahwa lukisan itu ditemukan di Amsterdam. Tentunya, itu tidak bisa dicuri! Beberapa tahun yang lalu pencurian “Scream” telah menciptakan sebuah skandal besar dan sekarang saya menemukan dia di depan saya! Aku bertanya penjaga jika lukisan adalah asli dan juga tentang pencurian. Dia memberitahu saya bahwa itu telah dicuri, tapi untungnya itu pulih. Namun, ada empat salinan dari lukisan itu: satu di depan saya, yang lain dijual ke miliarder anonim, dan dua lainnya selalu di Museum Munch di Oslo.
Aku harus bertanya-tanya, lalu, mengapa semua ini ribut-ribut tentang pencurian ketika pada akhirnya ada empat eksemplar. Sebenarnya, bahkan jika salinan itu dicuri, selalu ada 3 lainnya, bukan? Museum Munch bisa memberikan salinan tambahan ke National Gallery ….! Speechless!
Selain “The Scream”, saya terkesan dengan sensualitas dari lukisan Madonna, yang tampak lebih seperti Madonna penyanyi Perawan, dan oleh lukisan karya Dagen Dupa, di mana seorang wanita dalam keadaan koma, mungkin setelah hangove. Itulah teori saya tidak berpendidikan. Saya senang melihat “Kematian dari Perawan” oleh Caravaggio, lukisan favorit saya.
Karya Perancis lainnya, seperti patung-patung penari oleh Degas, patung Rodin tentang “The Thinker”, dan beberapa hasil karya Cezanne, Monet dan Manet terkesan. Selanjutnya, saya lihat dalam potret diri Van Gogh dengan gaya yang tidak diragukan dari Modigliani. Tiga dua karya Picasso juga. Akhirnya, ruang terakhir dikhususkan untuk artis Skandinavia seperti Denmark Thorvaldsen-yang mengingatkan saya untuk melakukan perjalanan ke Kopenhagen-antara Telemarkt, yang dalam lukisan dua petani yang memasang pagar karena mereka yang gosip, menonton cakrawala, dan akhirnya Andersen, “The bulan Juni, “menunjukkan seorang gadis memegang dan merenungkan dandelion. Saya suka kebebasan riang dan reflektif bunga tampaknya proyek. Sepertinya itu siap untuk terpesona, untuk pergi menyebarkan bijinya. Saya suka berpikir bahwa saya salah satu dari mereka benih dan bahwa saya bepergian bebas di atas angin.

Translated by Nathalie Kristin